Bitcoin Market Place Saham Inovasi Terbaru Di Indonesia

Data Langsung Harga BTC

Harga Bitcoin live hari ini adalah $40.679,40 USD dengan volume perdagangan 24 jam sebesar $26.924.937.024 USD. Kami memperbarui harga BTC ke USD secara real-time. Bitcoin turun 6,91% dalam 24 jam terakhir. Peringkat CoinMarketCap saat ini adalah #1, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $771.345.026.372 USD. Ini memiliki pasokan koin 18.961.562 BTC yang beredar dan maks. pasokan 21.000.000 koin BTC.

Jika Anda ingin tahu di mana membeli Bitcoin , pertukaran mata uang kripto teratas untuk perdagangan saham Bitcoin saat ini adalah Binance , OKX , FTX , CoinFLEX , dan Bybit . Anda dapat menemukan orang lain yang terdaftar di halaman pertukaran crypto kami .

Apa Itu Bitcoin (BTC)?
Bitcoin adalah cryptocurrency terdesentralisasi yang awalnya dijelaskan dalam whitepaper 2008 oleh seseorang, atau sekelompok orang, menggunakan alias Satoshi Nakamoto . Ini diluncurkan segera setelah itu, pada Januari 2009.

Bitcoin adalah mata uang online peer-to-peer, yang berarti bahwa semua transaksi terjadi secara langsung antara peserta jaringan independen yang setara, tanpa perlu perantara untuk mengizinkan atau memfasilitasi mereka. Bitcoin dibuat, menurut kata-kata Nakamoto sendiri, untuk memungkinkan “pembayaran online dikirim langsung dari satu pihak ke pihak lain tanpa melalui lembaga keuangan.”

Beberapa konsep untuk jenis mata uang elektronik terdesentralisasi yang serupa mendahului BTC, tetapi Bitcoin memiliki perbedaan sebagai cryptocurrency pertama yang mulai digunakan secara aktual.

Siapa Pendiri Bitcoin?
Penemu asli Bitcoin dikenal dengan nama samaran, Satoshi Nakamoto. Pada tahun 2021, identitas sebenarnya dari orang tersebut — atau organisasi — yang berada di belakang alias tetap tidak diketahui.

Pada tanggal 31 Oktober 2008, Nakamoto menerbitkan whitepaper Bitcoin, yang menjelaskan secara rinci bagaimana mata uang online peer-to-peer dapat diimplementasikan. Mereka mengusulkan untuk menggunakan buku besar transaksi terdesentralisasi yang dikemas dalam batch (disebut “blok”) dan diamankan oleh algoritma kriptografi – seluruh sistem nantinya akan dijuluki ” blockchain .”

Hanya dua bulan kemudian, pada 3 Januari 2009, Nakamoto menambang blok pertama di jaringan Bitcoin, yang dikenal sebagai blok genesis , sehingga meluncurkan cryptocurrency pertama di dunia. Harga Bitcoin adalah $0 saat pertama kali diperkenalkan, dan sebagian besar Bitcoin diperoleh melalui penambangan, yang hanya membutuhkan perangkat yang cukup kuat (misalnya PC) dan perangkat lunak penambangan. Transaksi komersial Bitcoin pertama yang diketahui terjadi pada 22 Mei 2010, ketika programmer Laszlo Hanyecz menukar 10.000 Bitcoin untuk dua pizza. Dengan harga Bitcoin hari ini pada pertengahan September 2021, pizza itu akan bernilai $ 478 juta yang mencengangkan. Acara ini sekarang dikenal sebagai “Hari Pizza Bitcoin.” Pada Juli 2010, Bitcoin pertama kali memulai perdagangan, dengan harga Bitcoin berkisar antara $0,0008 hingga $0,08 pada waktu itu.

Namun, sementara Nakamoto adalah penemu asli Bitcoin, serta penulis implementasi pertama, ia menyerahkan kunci peringatan jaringan dan kontrol repositori kode kepada Gavin Andresen, yang kemudian menjadi pengembang utama di Bitcoin Foundation. Selama bertahun-tahun sejumlah besar orang telah berkontribusi untuk meningkatkan perangkat lunak cryptocurrency dengan menambal kerentanan dan menambahkan fitur baru.

Repositori kode sumber Bitcoin di GitHub mencantumkan lebih dari 750 kontributor, dengan beberapa di antaranya adalah Wladimir J. van der Laan, Marco Falke, Pieter Wuille, Gavin Andresen, Jonas Schnelli, dan lainnya.

Apa yang Membuat Bitcoin Unik?

Keuntungan paling unik Bitcoin berasal dari fakta bahwa itu adalah cryptocurrency pertama yang muncul di pasar.

Ini telah berhasil menciptakan komunitas global dan melahirkan industri yang sama sekali baru dari jutaan penggemar yang membuat, berinvestasi, memperdagangkan, dan menggunakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Munculnya cryptocurrency pertama telah menciptakan dasar konseptual dan teknologi yang kemudian mengilhami pengembangan ribuan proyek yang bersaing.

Seluruh pasar cryptocurrency — sekarang bernilai lebih dari $2 triliun — didasarkan pada gagasan yang diwujudkan oleh Bitcoin: uang yang dapat dikirim dan diterima oleh siapa saja, di mana saja di dunia tanpa bergantung pada perantara tepercaya, seperti bank dan perusahaan jasa keuangan.

Berkat sifat perintisnya, BTC tetap berada di puncak pasar yang energik ini setelah lebih dari satu dekade berdiri. Bahkan setelah Bitcoin kehilangan dominasinya yang tak terbantahkan, Bitcoin tetap menjadi mata uang kripto terbesar , dengan kapitalisasi pasar yang melampaui angka $1 triliun pada tahun 2021, setelah harga Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $64,863,10 pada 14 April 2021. bagian dari minat institusional yang berkembang pada Bitcoin, dan keberadaan platform yang menyediakan kasus penggunaan untuk BTC: dompet , pertukaran, layanan pembayaran, game online, dan banyak lagi.

Berapa Banyak Bitcoin yang Beredar?

Total pasokan Bitcoin dibatasi oleh perangkat lunaknya dan tidak akan pernah melebihi 21.000.000 koin. Koin baru dibuat selama proses yang dikenal sebagai “penambangan” : saat transaksi diteruskan ke seluruh jaringan, mereka diambil oleh penambang dan dikemas ke dalam blok, yang pada gilirannya dilindungi oleh perhitungan kriptografi yang kompleks.

Sebagai kompensasi untuk menghabiskan sumber daya komputasi mereka, para penambang menerima hadiah untuk setiap blok yang berhasil mereka tambahkan ke blockchain. Pada saat Bitcoin diluncurkan, hadiahnya adalah 50 bitcoin per blok: jumlah ini berkurang setengahnya dengan setiap 210.000 blok baru ditambang — yang membutuhkan waktu sekitar empat tahun bagi jaringan. Pada tahun 2020, hadiah blok telah dibagi tiga kali dan terdiri dari 6,25 bitcoin.

Bitcoin belum dipremi, artinya tidak ada koin yang ditambang dan/atau didistribusikan di antara para pendiri sebelum tersedia untuk umum. Namun, selama beberapa tahun pertama keberadaan BTC atau Uang elektronik, persaingan antara penambang relatif rendah, memungkinkan peserta jaringan paling awal untuk mengumpulkan sejumlah besar koin melalui penambangan reguler: Satoshi Nakamoto sendiri diyakini memiliki lebih dari satu juta Bitcoin.

Menambang Bitcoin bisa sangat menguntungkan bagi penambang, tergantung pada tingkat hash saat ini dan harga Bitcoin. Meskipun proses menambang Bitcoin itu rumit, kami membahas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menambang satu Bitcoin di CoinMarketCap Alexandria — seperti yang kami tulis di atas, menambang Bitcoin paling baik dipahami sebagai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menambang satu blok, dibandingkan dengan satu Bitcoin. Pada pertengahan September 2021, hadiah penambangan Bitcoin dibatasi hingga 6,25 BTC setelah separuh tahun 2020 , yang kira-kira $ 299.200 dalam harga Bitcoin hari ini.

Bagaimana Jaringan Bitcoin Diamankan?
Bitcoin diamankan dengan algoritme SHA-256 , yang termasuk dalam keluarga algoritme hashing SHA-2, yang juga digunakan oleh fork Bitcoin Cash ( BCH ), serta beberapa cryptocurrency lainnya.

Apa Peran Bitcoin sebagai Penyimpan Nilai?
Bitcoin adalah mata uang digital peer-to-peer pertama yang terdesentralisasi. Salah satu fungsinya yang paling penting adalah digunakan sebagai penyimpan nilai yang terdesentralisasi. Dengan kata lain, ini memberikan hak kepemilikan sebagai aset fisik atau sebagai unit akun. Namun, fungsi penyimpan nilai yang terakhir telah diperdebatkan. Banyak penggemar kripto dan ekonom percaya bahwa adopsi mata uang teratas dalam skala tinggi akan membawa kita ke dunia keuangan modern baru di mana jumlah transaksi akan didenominasi dalam unit yang lebih kecil.

Unit terkecil Bitcoin, 0,00000001 BTC, disebut Satoshi (atau singkatnya Sats ), mengacu pada pencipta pseudonim. Pada harga Bitcoin sekarang, 1 Satoshi setara dengan kira-kira $0,00048.

Kripto teratas dianggap sebagai penyimpan nilai, seperti emas, bagi banyak orang — daripada mata uang. Gagasan tentang cryptocurrency pertama ini sebagai penyimpan nilai, alih-alih metode pembayaran, berarti bahwa banyak orang membeli crypto dan menyimpannya dalam jangka panjang (atau HODL) daripada membelanjakannya untuk barang-barang seperti yang biasanya Anda habiskan satu dolar — memperlakukannya sebagai emas digital.

Dompet Crypto
Dompet paling populer untuk cryptocurrency termasuk dompet panas dan dingin. Dompet Cryptocurrency bervariasi dari dompet panas dan dompet dingin. Dompet panas dapat dihubungkan ke web, sedangkan dompet dingin digunakan untuk menyimpan koin dalam jumlah besar di luar internet.

Beberapa dompet dingin kripto teratas adalah Trezor, Ledger, dan CoolBitX. Beberapa dompet panas kripto teratas termasuk Exodus, Electrum, dan Mycelium.

Masih tidak yakin dompet mana yang akan digunakan? Lihat panduan CoinMarketCap Alexandria tentang dompet dingin teratas tahun 2021 dan dompet panas teratas tahun 2021 .

Bagaimana Teknologi Bitcoin Ditingkatkan?

Hard fork adalah perubahan radikal pada protokol yang membuat blok/transaksi yang sebelumnya tidak valid menjadi valid, dan karenanya mengharuskan semua pengguna untuk meningkatkan. Misalnya, jika pengguna A dan B tidak setuju apakah transaksi masuk valid, hard fork dapat membuat transaksi valid untuk pengguna A dan B, tetapi tidak untuk pengguna C.

Hard fork adalah peningkatan protokol yang tidak kompatibel ke belakang. Ini berarti setiap node (komputer yang terhubung ke jaringan Bitcoin menggunakan klien yang melakukan tugas memvalidasi dan menyampaikan transaksi) perlu ditingkatkan sebelum blockchain baru dengan hard fork mengaktifkan dan menolak setiap blok atau transaksi dari blockchain lama. Blockchain lama akan terus ada dan akan terus menerima transaksi, meskipun mungkin tidak kompatibel dengan klien Bitcoin baru lainnya.

Soft fork adalah perubahan pada protokol Bitcoin di mana hanya blok/transaksi yang sebelumnya valid yang dibuat tidak valid. Karena node lama akan mengenali blok baru sebagai valid, garpu lunak kompatibel ke belakang. Garpu semacam ini hanya membutuhkan sebagian besar penambang yang meningkatkan untuk menegakkan aturan baru.

Beberapa contoh cryptocurrency terkemuka yang telah mengalami hard fork adalah sebagai berikut: Hard fork Bitcoin yang menghasilkan Bitcoin Cash, hard fork Ethereum yang menghasilkan Ethereum Classic.

Bitcoin Cash telah mengalami hard fork sejak forking aslinya, dengan pembuatan Bitcoin SV. Baca lebih lanjut tentang perbedaan antara Bitcoin, Bitcoin Cash, dan Bitcoin SV di sini .

Apa itu akar tunggang?

Taproot adalah garpu lunak yang menggabungkan BIP 340, 341 dan 342 dan bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas, efisiensi, dan privasi blockchain dengan memperkenalkan beberapa fitur baru.

Dua perubahan besar adalah pengenalan Merkelized Abstract Syntax Tree (MAST) dan Schnorr Signature. MAST memperkenalkan suatu kondisi yang memungkinkan pengirim dan penerima transaksi untuk menandatangani penyelesaiannya bersama-sama. Schnorr Signature memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa tanda tangan menjadi satu untuk satu transaksi. Ini menghasilkan transaksi multi-tanda tangan yang terlihat sama dengan transaksi biasa atau yang lebih kompleks. Dengan memperkenalkan jenis alamat baru ini, pengguna juga dapat menghemat biaya transaksi, karena transaksi yang rumit pun terlihat sederhana, dengan satu tanda tangan.

Meskipun HODL ers mungkin tidak akan melihat dampak besar, Taproot bisa menjadi tonggak penting untuk melengkapi jaringan dengan fungsionalitas kontrak pintar . Secara khusus, Schnorr Signatures akan meletakkan dasar untuk aplikasi yang lebih kompleks yang akan dibangun di atas blockchain yang ada, karena pengguna mulai beralih ke alamat Taproot terutama. Jika diadopsi oleh pengguna, Taproot dapat, dalam jangka panjang, menghasilkan jaringan yang mengembangkan ekosistem DeFi sendiri yang menyaingi blockchain alternatif seperti Ethereum .

Apa itu Jaringan Petir?

Lightning Network adalah protokol pembayaran off-chain, berlapis yang mengoperasikan saluran pembayaran dua arah yang memungkinkan transfer instan dengan rekonsiliasi instan. Ini memungkinkan transaksi pribadi, volume tinggi, dan tanpa kepercayaan antara dua pihak mana pun. Lightning Network menskalakan kapasitas transaksi tanpa menimbulkan biaya yang terkait dengan transaksi dan intervensi pada blockchain yang mendasarinya.

Berapa Bitcoin?

Valuasi Bitcoin saat ini terus bergerak, sepanjang hari setiap hari. Ini adalah aset yang benar-benar global. Dari awal di bawah satu sen per koin, harga BTC telah meningkat ribuan persen ke angka yang Anda lihat di atas. Harga semua cryptocurrency cukup fluktuatif, artinya pemahaman siapa pun tentang berapa banyak Bitcoin akan berubah dari menit ke menit. Namun, ada kalanya negara dan bursa yang berbeda menunjukkan harga yang berbeda dan pemahaman berapa banyak Bitcoin akan menjadi fungsi dari lokasi seseorang.

Apakah Bitcoin Politik?

Bitcoin menjadi lebih politik dari hari ke hari, terutama setelah El Salvador mulai menerimanya sebagai alat pembayaran yang sah . Presiden negara itu, Nayib Bukele, mengumumkan dan menerapkan keputusan itu hampir secara sepihak, menolak kritik dari warganya , Bank of England , IMF , Vitalik Buterin dan banyak lainnya. Sejak undang-undang Bitcoin disahkan pada September 2021, Bukele juga telah mengumumkan rencana untuk membangun Kota Bitcoin , sebuah kota yang sepenuhnya didasarkan pada penambangan Bitcoin dengan energi panas bumi dari gunung berapi.

Negara-negara seperti Meksiko , Rusia , dan lainnya dikabarkan akan menjadi kandidat juga untuk menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, tetapi sejauh ini, El Salvador berdiri sendiri.

Di Mana Anda Dapat Membeli Bitcoin (BTC)?

Bitcoin, dalam banyak hal, hampir identik dengan cryptocurrency, yang berarti Anda dapat membeli Bitcoin di hampir setiap pertukaran crypto — baik untuk uang fiat maupun cryptocurrency lainnya. Beberapa pasar utama tempat perdagangan BTC tersedia adalah:

Binance
Coinbase Pro
OKEx
Kraken
Huobi Global
Bitfinex
Jika Anda baru mengenal kripto, gunakan portal pendidikan CoinMarketCap sendiri — Alexandria — untuk mempelajari cara mulai membeli Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Untuk memeriksa harga Bitcoin secara langsung dalam mata uang fiat pilihan Anda, Anda dapat menggunakan fitur konverter CoinMarketCap langsung di halaman mata uang Bitcoin .